Tuesday, May 16, 2017

Apa WannaCry dan siapa yang berada di belakangnya?

Sebelumnya serangan virus ransomware besar menyebar ke sistem komputer dari ratusan perusahaan swasta dan organisasi publik di seluruh dunia. Perangkat lunak ini mengunci komputer dan meminta uang tebusan digital sebelum kontrol dikembalikan dengan aman.

Serangan ransomware bukanlah hal baru, namun kecepatan serangan baru-baru ini telah mengejutkan pakar keamanan. Beberapa jam kemudian, malware tersebut telah menginfeksi korban di setidaknya 74 negara, termasuk Rusia, Turki, Jerman, Vietnam, dan Filipina - dan diperkirakan menyebar dengan kecepatan lima juta email per jam.

Apa WannaCry dan siapa yang berada di belakangnya?


Perampokan tersebut dilakukan saat rumah sakit dan operasi dokter di Inggris dipaksa untuk menyingkirkan pasien dan membatalkan janji setelah serangan tersebut melumpuhkan NHS.

Meskipun kasus pemerasan cyber telah meningkat selama beberapa tahun, namun saat ini mereka harus menargetkan organisasi kecil dan menengah.

Tapi serangan pada skala besar seperti itu belum pernah terlihat sebelumnya. Siapa yang bisa berada di balik serangkaian serangan, dan apakah mereka terhubung, tetap menjadi misteri.

Apakah Ransomware itu ?

Ransomware attacks are not new, but the speed of the recent hackings has alarmed security experts. In a few hours, the malware had already infected victims in 11 countries, including Russia, Turkey, Germany, Vietnam, and the Philippines (stock image)
Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang digunakan penjahat untuk menyerang sistem komputer.

Hacker sering meminta korban membayar uang tebusan untuk mengakses file mereka atau menghapus program berbahaya.

Serangan agresif menipu pengguna agar mengklik tautan palsu - entah itu melalui email atau di situs palsu, menyebabkan infeksi merusak komputer.

Dalam beberapa kasus, iklan untuk situs pornografi akan berulang kali muncul di layar Anda, sementara di tempat lain, pop-up akan menyatakan bahwa sebagian data Anda akan hancur jika Anda tidak membayar.

Dalam kasus serangan NHS, ransomware yang digunakan disebut Wanna Decryptor atau 'WannaCry' Virus.

Apakah WannaCry Virus itu ?

Pada artikel Virus WannaCry Mengincar Komputer Kamu telah dipaparkan informasi mengenai virus wanna cry ini. Virus WannaCry menargetkan sistem operasi Windows yang banyak digunakan Microsoft.

Virus mengenkripsi file tertentu di komputer dan kemudian mengkhianati pengguna untuk uang dengan imbalan akses ke file. Ini meninggalkan pengguna hanya dengan dua file: Petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat membuka perangkat lunak memberitahu pengguna bahwa file mereka telah dienkripsi dan memberi mereka beberapa hari untuk membayar atau file mereka akan dihapus. Ini dapat dengan cepat menyebar melalui seluruh jaringan komputer dalam bisnis atau rumah sakit, mengenkripsi file di setiap PC.

Apa yang diminta hacker?

Para hacker meminta pembayaran sekitar £ 230 ($ 300) di Bitcoin. Pembayaran dapat dikirim ke setidaknya dua dompet Bitcoin anonim yang diarahkan melalui Web Gelap dan tidak dapat dilacak.

Pembayaran tampaknya dilakukan ke alamat Bitcoin yang diberikan dalam serangan NHS. Tidak mungkin mengatakan siapa yang telah membayar uang tebusan sejauh ini.

Siapa yang bisa berada di belakang serangan?

Serangan ransomware adalah salah satu yang terbesar yang pernah ada. Seorang peneliti cyber-security tweeted bahwa ia telah mendeteksi 36.000 kasus ransomware, yang disebut WannaCry dan varian dari nama itu.

Beberapa organisasi yang terkena dampak tampaknya tidak secara khusus ditargetkan oleh serangan tersebut, yang berarti dapat menyebar secara acak. ejumlah kelompok yang berbeda bisa berada di balik serangkaian hacking.

Meskipun ada kemungkinan kelompok cyber cyber bertanggung jawab, serangan juga bisa diatur oleh pemerintah. Sebelumnya telah disarankan bahwa serangkaian serangan uang tebusan pada perusahaan AS tahun lalu dilakukan oleh hacker pemerintah China.


Bagaimana melindungi diri dari uang tebusan

Untungnya, ada beberapa cara untuk menghindari serangan ransomware, dan Norton Antivirus telah menyusun daftar metode pencegahan:

  1. Gunakan perangkat lunak antivirus dan firewall ternama
  2. Back up komputer Anda sering
  3. Siapkan pemblokir munculan
  4. Berhati-hati tentang mengklik link di dalam email atau di situs web yang mencurigakan
  5. Jika Anda menerima uang tebusan, lepaskan dari Internet
  6. Otoritas siaga

Mengapa serangan target rumah sakit?

Alasan utama institusi medis dan NHS ditargetkan adalah karena mereka memiliki sejumlah besar data pasien yang mereka miliki.

Jean-Frederic Karcher, Kepala Keamanan di Maintel, mengatakan: "Informasi medis bisa bernilai 10 kali lebih banyak daripada nomor kartu kredit di web dalam.

'Penipu dapat menggunakan data ini untuk membuat ID palsu untuk membeli peralatan medis atau obat-obatan terlarang, atau menggabungkan nomor pasien dengan nomor penyedia palsu dan mengajukan klaim fiktif kepada perusahaan asuransi.'

Itulah penjelasan panjang tentang virus wannacry ini, setelah kamu membaca artikel Apa WannaCry dan siapa yang berada di belakangnya

Apa WannaCry dan siapa yang berada di belakangnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DeTutorial

0 comments:

Post a Comment